Pages

Tugas individu untuk makalah kelompok "GEOSTRATEGI"


KETAHANAN NASIONAL
A.  Pengertian Ketahanan Nasional
Ketahanan nasional (Tannas) Indonesia adalah kondisi dinamis bangsa Indonesia yang meliputi segenap aspek kehidupan nasional yang terintegrasi.
B. Pengertian Konsepsi Ketahanan Nasional Indonesia
Konsepsi ketahanan nasional adalah konsepsi pengembangan kekuatan nasional melalui pengaturan dan penyelenggaraan dan keamanan yang seimbang dalam seluruh aspek kehidupan secara utuh dan menyeluruh dan terpadu berlandaskan pancasila, UUD 1945 dan wawasan nusantara.
C. Hakikat Tannas dan Konsepsi Tannas Indonesia
Hakikat Tannas Indonesia adalah keuletan dan ketangguhan bangsa yang   mengandung kemampuan kekuatan nasional untuk mencapai tujuan nasional & Hakikat konsepsi Tannas Indonesia adalah pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan &keamanan secara seimbang dalam seluruh aspek nasional.
D. Asas – asas Tannas Indonesia
Adalah tata laku berdasarkan nilai-nilai pancasila, UUD 1945 dan wawasan nusantara yang terdiri dari: asas kesejahteraan dan kemanan, asas komprehensif Integral atau menyeluruh terpadu, asas mawas ke dalam dan mawas ke luar,dan asas kekeluargaan.
E.  Sifat Ketahanan Nasional Indonesia
Sifat Tannas Indonesia terdiri dari:1.mandiri (Tannas percaya pada kemampuan dan kekutan sendiri),2.dinamis (Tannas tidaklah tetap, ia dapat meningkat dan menurun, tergantung pada situasi dan kondisi bangsa, negara, serta lingkungan strategisnya),3.wibawa(makin tinggi tingkat Tannas Indonesia, makin tinggi pula nilai kewibawaan dan tingkat daya tangkal yang dimiliki oleh bangsa dan negara Indonesia), serta konsultasi dan kerjasama.

0 komentar:

Posting Komentar